Gempa 6,7 SR Guncang India, Hancurkan Gedung 6 Lantai

Gempa India

Berita188, Gempa yang terjadi pada 04.35 dini hari, berhasil menguncang keras dengan skala 6,7 skala Richter dan membangunkan warga daerah timur laut India, dekat perbatasan Myanmar dan Bangladesh.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menberikan episentrum lindu yang berada di 29 km timur laut Imphal, ibukota negara bagian Manipur.

Sementara, Badan Meteorologi India juga memberikan penjelasan mengenai gempa yang terjadi pada kedalaman 17 km.

Warga yang juga kaget dengan berlariannya warga ke luar rumah. Kepanikan yang dilaporkan terjadi pada Bangladesh dan Kolkata, jauh dari 600km dari pusat gempa.

“Orang-orang yang berlarian ke luar rumah, panik bukan kepalang,” kata penduduk setempat Rabin Dev Senin (4/1/2016).

Guncangan yang cukup keras ini berhasil meretakkan tembok-tembok rumah. Bahkan ada bagunan 6 lantai di Imphal, yang baru saja di bangun runtuh begitu saja. Pun dengna gedung-gedung lainnya yang dilaporkan rusak.

Setidaknya ada 1 orang yang dinyatakan tewas dalam bencana itu, sementara puluhan lainnya terluka. Sementara, seperti yang sudah di kabarkan Reuters, 4 orang tewas dan 100 orang lainnya luka-luka akibat musibah itu.

Kawasan yang mengalami guncangan pun memiliki sejarah gempa yang panjang , yang disebabkan tabrakan lempengan India dan Eurasia.

Kedua lempeng benua itu berhasil mendorong, rata-rata 4-5 cm pertahun.

Pada 2005, gempa yang berhasil tercatat dengan kekuatan 7,6 SR berhasil mengguncang Kashmir, wilayah perbatansan Pakistan dan India. Akibatnya sungguh luar biasa. Sebanyak 75 ribu manusia kehilangan nyawa kala itu.

Sementara, pada April 2015, Nepal berhasil mengalami bencana gempa, yang terburuk tercatat dalam sejarahnya. Sebanyak 9.000 orang tewas dan sekitar 900 ribu rumah rusak bahkan luluh lantak.

You must be logged in to post a comment Login